CARA MELEGAKAN RAM HP ANDROID

Senin, 29 September 20140 komentar



     Sebelumnya Saya informasikan kalau cara ini sudah Saya tes sendiri, Saya tidak berani posting kalau Saya sendiri belum mengetesnya. Thanks.

     Sering kali jika RAM Android anda udah hampir habis, maka Android anda akan terasa lemot, bahkan sangat amat lemot. Kali ini Saya share cara agar Android anda tidak lemot meskipun RAM udah hampir habis. ingat yah ? ini bukan trik untuk menambah RAM, tapi trik anti lemot atau bisa juga disebut melegakan RAM. Sebenarnya ada banyak postingan yang membahas cara melegakan RAM, tapi kebanyakn trik-trik tersebut menggunakan dengan cara edit build.prop. seperti ro.HOME_APP_ADJ=1 di ganti jadi ro.HOME_APP_ADJ=-25 atau ro.HOME_APP_ADJ=-17. Bahkan Saya sendiri pernah posting trik tersebut, tapi postingan itu sudah Saya hapus, kenapa Saya hapus ? Jadi gini, Trik itu memang benar adanya, tapi ada dampaknya. Setelah anda pakai trik itu, beberapa jam kemudian Android anda pasti akan error. Bukan error apa-apa, tapi error Touch Screen Android anda tidak bisa di gerakan, jadi mau gak mau Android anda harus direstart. Setelah direstart nanti lama-lama Android anda akan kembali error seperti yang Saya katakan tadi. Jadi lama-lama anda pasti kesal. Iya dong iya bangeeet. Jadi intinya merubah ro.HOME_APP_ADJ=1 akan berakibat Touch Screen Android anda akan error, jika tidak percaya silahkan anda mencobanya. Itu sebabnya kenapa postingan tersebut Saya hapus, karena Saya tidak mau membagikan trik yang bakal merugikan orang lain. Maka dari itu Saya posting lagi cara melegakan RAM versi 2, di postingan kali ini tidak ada dampak error lagi, yang ada Android anda tidak akan lemot, meskipun RAM Android anda udah sangat menipis. ini ScreenShoot RAM Android Saya.



Meskipun tinggal 24MB, Android Bang Joe tidak terasa lemot. Ya udah, jika ingin mencoba trik ini, kuti langkah-langkahnya dibawah ini.

# Android anda harus sudah di root
# Download aplikasi RAM Manager Pro disini.
# Download aplikasi Seeder disini.
# Setelah itu install aplikasi RAM Manager Pro lalu buka aplikasinya.
# Disitu anda akan melihat setting default dari RAM Manager Pro, anda tinggal men-settingnya saja.
# Bagian "Option" isi sesuai keinginan. Keterangannya dibawah ini.

*Balance = Untuk penggunaan sehari hari.
*More Free Memory = Agar dapat banyak memori bebas.
*More Multitasking = Agar dapat membuka tugas lebih dari 2 secara bersamaan tanpa menutup aplikasinya.
*Hard Gaming = Untuk bermain game yang memiliki kualitas tinggi.
*Hard Multitasking = Untuk menjalankan banyak aplikasi.
*Default = Untuk mengembalikan ke pengaturan awal.
*Custom = Untuk mengatur sesuai keinginan anda.

# Pada agian "Extra" beri tanda centang di "Set On Boot" dan "Lock Launcher In Memory".
# Klik "Clean Memory" lalu pilih Yes.
# Klik "Clean Drop Caches" lalu pilih Yes.
# Di bagian "VM Heap Size", anda harus install BusyBox dulu jika ingin men-settingnya (BusyBox di Play Store ada), di bagian ini anda isi sesuai keinginan, itu adalah batas penggunaan RAM, isi lah minimal 20 keatas, karena jika dibawah 20 takut Android anda akan terjadi Bootlop. Tapi dibagian ini kalo mau di abaikan juga tidak apa-apa.
# Ini bagian terpenting, bagian "Swap File", sebenarnya Swap bisa berakibat SD Card anda tidak memiliki umur panjang, tapi jangan khawatir, anda bisa Swap di Internal,


Bagian yang dilingkari anda ketik "/data" (tanpa tanda kutip) Jika ingin Swap di internal, tapi jika ingin Swap di SD Card anda ketik "/mnt/sdcard" seperti gambar (tanpa tanda kutip).
# Lalu di bagian size swap, anda isi sesuai keinginan.


Semakin besar ukuran yang anda pilih, semakin baik untuk mengurangi lemot di Android anda. Tapi ingat, Size Swap yang anda pilih nanti di Internal/SD Card anda akan berkurang beberapa MB sesuai yang dipilih. Jadi jika Swapnya di Internal, anda lihat dulu berapa MB ruang internal yang kosong, karena nanti akan dijadikan Swap Internal.
# Kalau sudah klik "Confirm", biarkan proses berlangsung, semakin besar Swap Size yang dipilih semakin lama proses, jika sudah tutup aplikasinya.
# Install Seeder lalu buka aplikasinya.
# Bagian "Enable Seeder Lag Reduction" ubah jadi On
# Bagian "Seeder Configuration" Centang semuanya.
# Bagian "RNG Service Performance Profil" pilih sesuai keinginan.
# Kalau sudah tutup aplikasinya dan restart Android anda.
# Sekarang Android anda tidak akan lemot meskipun RAM Android anda hampir habis.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Wonganjuk | Asli
Copyright © 2016. Wonganjuk Belajar Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Wonganjuk
Proudly powered by Blogger